INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
NAMA : ISNAINI
KELAS : 3KB07
NPM : 23115487
1.
Pengertian IMK
Menurut saya interaksi manusia dan komputer adalah
sebuah ilmu yang mempelajari bagaimana cara manusia berinteraksi dengan sebuah
system baik software maupun hardware agar mempermudah setiap pekerjaan yang
dilakukan oleh manusia. Interaksi manusia dan computer ini berupa dialaog
antara manusia dengan computer yang nantinya dapat di implementasikan ke dalam
sebuah lingkup kerja manusia, sedangkan menurut teori Interaksi manusia dan
komputer (bahasa Inggris:
human–computer interaction, HCI) adalah disiplin ilmu
yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan,
evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna
komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha menemukan cara
yang paling efisien untuk merancang pesan
elektronik. Sedangkan interaksi manusia dan komputer sendiri adalah
serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk
berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan
balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan Pengaplikasian
di dalam IMK adalah :
- Perkantoran
Komputer memiliki banyak dampak yang menguntungkan dalam dunia perkantoran ketika digunakan untuk menyelesaikan masalah kemanusiaan dan social. Aplikasi social yang dapat digunakan dalam komputer seperti diagnosa kedokteran, CAT, rencana program pemerintahan, kontrol kualitas dan pelaksanaan undang-undang.
- Kendali ProsesComputer dapat mengendalikan proses apabila terdapat kesalahan pada manusia dalam pekerjaannya, misalnya : Masalah kualitas produk, manusia tidak bisa mengecek satu persatu apakah ada produk yang rusak atau tidak, maka computer bekerja untuk membantu manusia dalam pengecekan kualitas dari sebuah produk.
- PenerbanganSistem radar berpegang pada adanya kemampuan untuk mengenal pola bentuk-bentuk tertentu seperti yang dapat dikerjakan oleh manusia. Dalam hal ini, dunia tiga dimensi tempat sebuah pesawat sedang menjelajahi dunia ini akan diterjemahkan ke dalam layar dua dimensi yang ada di hadapan seorang operator. Lewat tampilan dua dimensi, yang merefleksikan dunia tiga dimensi itulah seorang operator dapat mengontrol lalu lintas penerbangan.
- KomunikasiKomputer dikatakan sebagai alat komunikasi karena komputer dapat berinteraksi langsung dengan manusia misalnya dalam menampilkan data. Komunikasi data sendiri adalah pentransmian data yang telah mempunyai nilai dan dibentuk menjadi kode digital. Sedangkan peran komputer dalam komunikasi data merupahkan media komunikasi data baik sebagai sumber informasi dan transmisi serta sebagai penyambung dan komunikasi bisah terjadi juga apabila ada kesamaan dalam bahasa (format).
- Desain Pekerjaan
Komputer dapat digunakan untuk mempermudah user dalam mengkomunikasikan bentuk disain kedalam sebuah gambar, tulisan dsb.
2.
Bidang
Studi yang mempengaruhi perkembangan IMK
1. Teknik elektronika & ilmu computer
memberikan kerangka kerja untuk bisa merancang
sistem HCI(imk)
2. Psikologi
memahami sifat serta kebiasaan, persepsi dan
pengolahan kognitif, ketrampilan motorik pengguna(user)
3. Perancangan grafis dan tipografi
sebuah gambar bisa bermakna sama dengan seribu kata.
Gambar tersebut bisa digunakan ialah sebagai sarana dialog cukup efektif
diantara manusia dan komputer
4. Ergonomik
berhubungan dengan aspek fisik untuk dapat
mendapatkan suatu lingkungan kerja yang nyaman, misal :
·
bentuk meja
serta kursi kerja,
·
layar tampilan,
bentuk keyboard,
·
pengaturan
lampu,
·
posisi
duduk,
·
kebersihan
tempat kerja
5. Antropologi
ilmu pengetahuan mengenai manusia, memberikan suatu
pandangan mengenai cara kerja berkelompok yang masing – masing anggotanya
supaya bisa memberikan konstribusi sesuai pada bidangnya
6. Linguistik
adalah cabang ilmu yang mempelajari mengenai bahasa,
Untuk dapat melakukan dialog diperlukan juga sarana komunikasi yang memadai
yang berupa suatu bahasa khusus missal :
·
bahasa grafis,
·
bahasa alami,
·
bahasa menu,
·
bahasa perintah
7. Sosiologi
studi mengenai pengaruh sistem manusia-komputer
didalam struktur sosial, misal adanya PHK disebabkan karena adanya otomasi
kantor.
3.
Karakteristik
perancangan dialog yang baik terhadap computer
1.
Konsistensi
(consistency)
Rancangan
dialog yang konsisten membantu pengguna untuk mempelajari aplikasi. Sebaiknya sebuah
organisasi memiliki standar rancangan dialog yang konsisten. Misalkan tombol F2
digunakan untuk menyimpan dan sebagainya. Dapat juga digunakan panduan gaya
dialog yang diterapkan oleh microsoft atau apple sebagai referensi.
2. Dukungan
Pengguna yang Tepat
Rancangan dialog mampu memberikan pesan kesalahan serta peringatan
dengan tepat. Jika pengguna melakukan kesalahan maka dialog tersebut harus
mampu membantu mereka dalam mengatasi hal tersebut. Sebaiknya hindari content tersembunyi
khususnya untuk rancangan berbasis web. Pesan kesalahan yang diberikan harus
informatif dan tidak samar. Gunakan istilah yang umum sehingga pengguna tahu
pada bagian apa terjadi kesalahan. Gunakan pesan untuk mencegah terjadinya
kesalahan pengguna namun jangan berlebihan sehingga cenderung membingungkan.
3.
Umpan Balik yang memadai
Pengguna
cenderung mengharapakan respon ketika mereka menekan atau mengklik tombol tertentu.
Jika mereka tidak mendapatkan balasan, maka pengguna cenderung untuk mencoba lagi
atau menekan tombol yang lain. Kadang-kadang penekanan tombol tersebut
mengakibatkan hasil yang tidak terduga. Oleh sebab itu gunakan umpan balik
sebaik mungkin untuk menghindari adanya tindakan yang berlebihan dari pengguna.
4. Inputan
dari User Minimal
Cobalah
untuk merancang sistem sehingga pengguna tidak harus menekan tombol atau
mengklik mouse yang tidak perlu. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara :
·
Gunakan kode atau singkatan
·
Biarkan pengguna memilih dari
daftar, bukan memasukkan
·
Biarkan mengguna memperbaiki
nilai yang salah dari pada melakukan pengetikan ulang
·
Berikan informasi kepada pengguna
yang dapat diperoleh secara otomatis
·
Gunakan default
4.
Model
Interaksi
Model interaksi membantu kita untuk memahami apa
yang terjadi pada interaksi antar pengguna (user) dan system. Model
mengakomodasi apa yang diinginkan pengguna (user) dan yang dilakukan system.
Terdapat beberapa model system interaksi yang berpengaruh pada system interaksi
manusia dan komputer yang pada umumnya yaitu :
·
Model Konsep
Suatu model yang menerangkan tentang sistem yang dicadangkan dalam bentuk idea dan konsep berkenaan dengan keupayaan sistem, bagaimana perlakuan sistem, dan bagaimana pengguna berinteraksi dengan sistem dalam bentuk yang boleh dipahami oleh pengguna seperti yang diinginkan. Contohnya mesin perekam Video. Kategori dari model konsep berdasarkan aktivitas yaitu suatu sistem yang melakukan aktivitas setelah diberikan instruksi. Berdasarkan objek yaitu suatu sistem yang menggunakan objek tertentu untuk menggambarkan sifat sistem dan bagaimana cara menggunakannya
Suatu model yang menerangkan tentang sistem yang dicadangkan dalam bentuk idea dan konsep berkenaan dengan keupayaan sistem, bagaimana perlakuan sistem, dan bagaimana pengguna berinteraksi dengan sistem dalam bentuk yang boleh dipahami oleh pengguna seperti yang diinginkan. Contohnya mesin perekam Video. Kategori dari model konsep berdasarkan aktivitas yaitu suatu sistem yang melakukan aktivitas setelah diberikan instruksi. Berdasarkan objek yaitu suatu sistem yang menggunakan objek tertentu untuk menggambarkan sifat sistem dan bagaimana cara menggunakannya
·
Model Matematika
Model matematika untuk tujuan tertentu pada sistem interaktif, digunakan untuk menjelaskan properti kegunaan pada level umum.
Model matematika untuk tujuan tertentu pada sistem interaktif, digunakan untuk menjelaskan properti kegunaan pada level umum.
·
Formal model PIE
Formal model PIE digunakan untuk mengekspresikan properti interkatif umum untuk mendukung tingkat kegunaan. Informal arsitektur interaktif (MVC, PAC, ALV) digunakan untuk memotivasi pemisahan dan modularisasi fungsionalitas dan presentasi.
Formal model PIE digunakan untuk mengekspresikan properti interkatif umum untuk mendukung tingkat kegunaan. Informal arsitektur interaktif (MVC, PAC, ALV) digunakan untuk memotivasi pemisahan dan modularisasi fungsionalitas dan presentasi.
5.
Tipe-tipe interaksi computer dengan manusia
Pemakai (user) dapat dikatakan sudah memiliki model
mental terhadap system apabila ia telah memahami bagaimana system itu bekerja,
apa saja komponen system tersebut, bagaimana hubungan, apa saja proses-proses
internalnya, dan bagaimana operasi internal tersebut mempengaruhi
komponen-komponennya.
a.
Command
Line Interface
Menuliskan perintah yang sudah ditentukan pada program. Kelebihannya adalah perintah diketikan langsung pada system. Misal Terminal console (Linux), UNIX, Command prompt.
Menuliskan perintah yang sudah ditentukan pada program. Kelebihannya adalah perintah diketikan langsung pada system. Misal Terminal console (Linux), UNIX, Command prompt.
b.
Menu
Selection
Memilih perintah yang sudah ada. Cepat, tidak banyak dalam pengetikan program, tingkat kesalahan sedikit. Tetapi tidak ada logika AND atau OR. Contoh : Start Menu di Windows, Menu di dalam suatu aplikasi.
Memilih perintah yang sudah ada. Cepat, tidak banyak dalam pengetikan program, tingkat kesalahan sedikit. Tetapi tidak ada logika AND atau OR. Contoh : Start Menu di Windows, Menu di dalam suatu aplikasi.
c.
Natural
Language (bahasa alami)
Menggunakan bahasa alami untuk mendapatkan hasil. Contoh: search engine di Internet. Kelebihan: Perintah dalam bentuk bahasa alami, dengan kosa kata yang terbatas (singkat), misalnya kata kunci yang kita tentukan untuk dicari oleh search engine. Ada kebebasan menggunakan kata-kata. Kekurangan: Tidak semua sistem cocok gunakan ini. Jika digunakan maka akan memerlukan banyak pengetikan. Contoh natural language adalah bahasa pemrograman terstruktur (belum objek) seperti Pascal, Cobol, RPG, ADA, C, C++.
Menggunakan bahasa alami untuk mendapatkan hasil. Contoh: search engine di Internet. Kelebihan: Perintah dalam bentuk bahasa alami, dengan kosa kata yang terbatas (singkat), misalnya kata kunci yang kita tentukan untuk dicari oleh search engine. Ada kebebasan menggunakan kata-kata. Kekurangan: Tidak semua sistem cocok gunakan ini. Jika digunakan maka akan memerlukan banyak pengetikan. Contoh natural language adalah bahasa pemrograman terstruktur (belum objek) seperti Pascal, Cobol, RPG, ADA, C, C++.
REFRENSI :
share.its.ac.id/mod/resource/view.php?id=12909
ocw.ui.ac.id/mod/resource/view.php?id=201
Komentar
Posting Komentar